Hallo temen-temen semua tau ga sih kalo ternyata dari hari ke hari dari tahun ke tahun bahkan dari zaman ke zaman Teknologi itu selalu mengalami perkembangan ? Tentunya temen-temen semua wajib tahu ya, karena sangat penting untuk mengetahui perkembangan dari Teknologi. Apalagi di zaman modern ini Teknologi sangat sudah perkembang dengan pesat. Oleh karena itu simak materi berikut yaa supaya ga ketinggalan pengetahuan mengenai Teknologi!
Berikut Daftar Teknologi Yang Saat Ini Dipakai Disusun Yuk Disimak!
Daftar teknologi yang saat ini dipakai |
A. Sejarah Teknologi1. Teknologi Zaman Pra- sejarah
Pra- sejarah merupakan masa dimana manusia hidup saat sebelum memahami tulisan. Cerita temuan api oleh manusia era dulu, api tercantum temuan teknologi awal manusia pada era ini. Namun penemuan awal manusia tidaklah api, melainkan alat- alat batu. Cocok dengan apa yang dikatakan Mark Moore, seseorang arkeolog dari University of New England Armidale, Australia, batu sudah dimanfaatkan buat kemudahan kehidupan tiap hari semenjak 3, 2 juta tahun kemudian. Pada era ini, manusia menggunakan teknologi yang mereka buat buat kepentingan mereka sendiri.
2. Teknologi Zaman Kuno
Era kuno disini yang diartikan merupakan era sehabis prasejarah saat sebelum abad pertengahan. Era ini rentan waktunya lumayan lama, tercantum era nabi- nabi, peradaban kuno, serta lain- lain. Sehingga banyak penemuan- penemuan awal yang jadi bawah buat temuan berikutnya ditemui di era ini. Peradaban manusia tumbuh pesat. Selaku contoh merupakan peradaban Mesir Kuno yang kita tahu dengan piramidanya. Apalagi metode bedah plastik telah ditemui pada dasarnya pada era ini. Manusia mulai membuat teknologi buat keperluan masal, semacam kapal serta bangunan. Pada era ini manusia pula telah memahami tulisan. Ditemui aset sejarah yang ada tulisan.
3. Teknologi Zaman Pertengahan
Bagi sebagian sumber, era pertengahan merupakan dekat abad ke- 5 masehi hingga abad ke- 15 masehi. Satu perihal yang dapat kita perbaiki pertumbuhan teknologi pada masa ini merupakan dari sisi seni. Pada masa ini, banyak kesenian- kesenian baru timbul. Bila dilihat dari sisi geografisnya, daratan Eropalah rajanya pada masa ini. Pertumbuhan teknologi nyaris seluruh dipelopori orang- orang Eropa. Ilmu pengetahuan mulai tumbuh pesat, dengan ditemuinya rumus- rumus matematika serta teori- teori fisika. Pada era ini pula mulaian universal dicoba. Sehingga telah dapat ditemui kompas pada era ini.
4. Masa Teknologi Revolusi Industri
Manusia yang meningkat banyak menunjukkan permintaan hendak kebutuhan hidup terus menjadi banyak. Teknologi pada masa ini banyak ditemui berbentuk mesin- mesin yang mempunyai keahlian penciptaan masal. Pertumbuhan teknologi pada masa ini pula mengganti sikap sosial orang- orang yang terdapat. Sesungguhnya tidak terdapat periode waktu tertentu buat masa revolusi industri. Revolusi industri awal kali terjalin pada abad 17– abad 18. Revolusi industri yang diisyarati dengan pergantian besar nyaris di tiap sisi kehidupan manusianya, yang tidak dapat lepas dari teknologi. Saat ini, kita tengah bersiap buat mengalami revolusi industri 4. 0.
5. Perkembangan Teknologi Abad 20– Saat ini.
Teknologi tidak lagi menolong manusia buat penuhi kebutuhannya. Teknologi mulai diciptakan buat memanjakan manusia, buat dijadikan simbol sosial. Contohnya mobil. Dini terciptanya mobil merupakan buat mengawali manusia menempuh ekspedisi jauh. Logikanya, perihal yang diperlukan buat membuat suatu mobil cocok tujuan utamanya merupakan ban, bahan bakar, serta mesin. Tetapi saat ini kita dapat memandang, mobil bukan cuma selaku perlengkapan transportasi. Dengan seluruh fitur mutahir di dalamnya, mobil seakan jadi penanda status sosial seorang. Salah satu lagi contoh teknologi yang sesungguhnya tidak sangat diperlukan manusia, tetapi cuma buat memanjakan manusia merupakan sistem belanja online. Manusia senantiasa dapat berbelanja tanpa koneksi internet, tetapi dengan terdapatnya sistem belanja online, manusia seolah- olah dimanjakan.
B. Definisi Teknologi Secara Umum
Teknologi berasal dari bahasa Yunani ialah Technologia bagi Webster Dictionary berarti systematic treatment ataupun penindakan suatu secara sistematis, sebaliknya techne selaku bawah kata Teknologi berarti skill, science ataupun kemampuan, keahlian serta ilmu.
Kata teknologi secara harfiah berasal dari bahasa Latin texere yang berarti menyusun ataupun membangun, sehingga sebutan teknologi sepatutnya tidak terbatas pada pemakaian mesin, walaupun dalam makna kecil perihal tersebut kerap digunakan dalam kehidupan tiap hari.
Teknologi pula berasal dari kata Greek“ technologia”, ialah techne yang berarti seni, kemampuan ataupun kerajinan, ataupun keahlian. Sebaliknya logia berarti kata, riset, badan ilmu pengetahuan. Teknologi merupakan suatu pengetahuan tentang membuat suatu. Bagi Kamus Besar Bahasa Indonesia ataupun KBBI, Teknologi merupakan totalitas fasilitas unutk sediakan beberapa barang yang dibutuhkan untuk kelangsungan serta kenyamanan hidup manusia.
Jadi bisa disimpulkan kalau, Teknologi merupakan fasilitas, perlengkapan ataupun metode yang digunakan dalam mengantarkan pesan serta membongkar sesuatu permasalahan lewat pengetahuan unutk menggapai sesuatu tujuan tertentu serta jadi sesuatu disiplin ilmu tertentu.
C. Definisi Teknologi Menurut Pendapat Para Ahli1. Menurut Yp Simon( 1983)
Teknologi merupakan sesuatu displin rasional yang dirancang buat meyakinkan kemampuan serta aplikasi ilmiah.
2. Menurut Paul Saetiles( 1968)
Teknologi tidak hanya menuju pada permesinan, teknologi meliputi proses, sistem, manajemen serta mekanisme kendali manusia serta bukan manusia.
D. Macam Macam Teknologi Yang Saat Ini Dipakai
1. Teknologi Informasi
2. Teknologi Komunikasi
3. Teknologi Pangan
4. Teknologi Konstruksi
5. Teknologi Pendidikan
6. Teknologi Medis
7. Teknologi Pertanian
E. Dampak Positif Teknologi1. Dampak Positif Teknologi Terhadap Budaya
Internet selaku salah satu akibat dari pertumbuhan teknologi baru pada dasarnya tidak cuma dapat jadi pintu buat mengenali gimana budaya yang terdapat pada warga di wilayah tertentu, melainkan jadi fitur dalam ekspresi budaya itu sendiri. Sebab begitu cepatnya pertumbuhan Teknologi Data serta Komunikasi mangakibatkan akibat serta pengaruh terhadap budaya pada warga, baik berbentuk akibat positif ataupun akibat negatif. Salah satu aspek kehidupan yang sangat terbawa- bawa dengan pertumbuhan ini merupakan aspek kebudayaan warga yang sedikit demi sedikit hadapi perpindahan.
2. Dampak Positif Teknologi Terhadap Pendidikan
Pertumbuhan ilmu pengetahuan serta teknologi berakibat positif dengan terus menjadi terbuka serta tersebarnya data serta pengetahuan dari serta ke segala dunia menembus batasan ruang serta waktu.
F. Dampak Negatif Teknologi
1. Orang hendak lebih banyak menghabiskan waktu dengan menyaksikan Televisi ataupun main hp dibanding melaksanakan perihal perihal positif yang lain semacam belajar maupun berolahraga.
2. Orang kehabisan kemampuan berbaur dengan masyarakat dan cenderung aman dengan kehidupan online.
3. Kejahatan di Internet.
Kejahatan ini tidak mengenal batas negara serta teritorial, kapan juga serta di manapun dapat timbul. Perbuatan yang dicoba tersebut bersifat ilegal atau tidak etis,menggunakan peralatan
yang berhubungan dengan pc serta internet, serta Kerugian yang disebabkan jauh lebih besar daripada kejahatan biasa.
G. Contoh Teknologi Yang SaatIni Dipakai
Sebagian contoh teknologi yang dikala ini di gunakan ialah:
1. Handphone
2.Televisi
3. Laptop
Sebab Dikala ini bisa kita amati betapa kemajuan teknologi sudah pengaruhi style hidup serta pola pikir warga, paling utama di golongan anak muda. Kalo dahulu kita amati para siswa bersekolah dengan cuma bawa buku- buku pelajaran maupun perlengkapan tulis, saat ini bisa kita saksikan para siswa berangkat sekolah dengan HP serta Laptop selaku bawaan harus mereka.
H. Definisi Daftar
Catatan merupakan catatan beberapa nama ataupun perihal( tentang perkata, nama orang, benda, serta sebagainya) yang disusun berderet dari atas ke dasar.
I. Jenis Jenis Daftar1. DaftarPustaka
Catatan pustaka merupakan salah satu bagian terutama dalam menyusun suatu tulisan ilmiah. Bagian ini umumnya digunakan selaku sumber ataupun referensi dalam melaksanakan riset. Catatan pustaka umumnya berisi nama penulis, judul tulisan, penerbit, bukti diri penerbit, serta tahun terbit.
2. Daftar Isi
Catatan isi merupakan bagian urutan judul pada masing- masing bab beserta taman yang ada pada suatu novel ataupun wujud tulisan yang lain. Guna catatan isi ialah buat mempermudah kita mencari judul penyusunan secara kilat tanpa wajib mencari satu persatu. Ataupun dengan kata lain catatan isi serta catatan tabel yang ada dalam suatu dokumen berperan selaku peta untuk pembaca, sehingga membuat pembaca lebih gampang buat menciptakan data dalam dokumen bersumber pada judul serta no taman. Catatan isi yang baik wajib disusun dengan baik, gampang dibaca serta gampang digunakan.
J. Cara Menyusun Daftar Pada Salah Satu Jenis Daftar (daftar pustaka)
Metode Menyusun Catatan Pustaka Yang Benar
Tujuan penyusunan catatan pustaka, di antara lain merupakan:
Menghargai penulis novel ataupun harian yang kita peruntukan rujukan;
Bebas dari tuduhan penjiplakan; dan
Menolong pembaca mengenali sumber yang kita peruntukan rujukan.
1. Nama Penulis Buku
Penulis Buku Satu Orang
Metode menyusun catatan pustaka diawali dengan menulis nama penulis novel yang kita jadi rujukan secara baik. Dalam catatan pustaka, nama penulis novel diletakkan sangat depan. Tetapi, nama balik diletakkan terlebih dahulu, setelah itu pisahkan dengan nama depan memakai ciri koma(,).
2. Penulis Buku 2 Orang
Bila penulis novel yang kalian jadi rujukan terdiri dari 2 ataupun 3 orang, nama penulis Penulis Buku Lebih dari 3 Orang
Bila nama penulis novel lebih dari 3 orang, dapat kalian pendek dengan bonus“ dkk” ataupun“ et. all” kedua serta ketiga tidak butuh dibalik.
3. Tahun Terbit
Sehabis menulis nama penulis novel yang kalian peruntukan rujukan, berikutnya merupakan menulis tahun terbit dari novel tersebut. Nama penulis novel serta tahun terbit dipisahkan memakai ciri titik(.).
Contoh:
Tahun terbit novel karya Miriam Budiardjo merupakan tahun 2008.
Penyusunan di catatan pustaka: Budiardjo, Miriam. 2008.
4. Cara Menulis Judul Buku dikala Menyusun Daftar Pustaka
Seluruh huruf depan dari suatu judul novel ditulis dengan huruf kapital, kecuali kata penghubung. Tidak hanya itu, jangan kurang ingat buat memiringkan( italic) seluruh kata dalam penyusunan judul novel.
5. Menulis Kota serta Nama Penerbit
Dalam perihal ini, nama kota terbit ditulis terlebih dahulu saat sebelum nama penerbit. Pisahkanlah nama kota dengan nama penerbit dengan ciri titik 2(:).
6. Contoh Penyusunan Daftar Pustaka yang Lengkap
Judul buku : Dasar- Dasar Ilmu Politik.
Penulis: Miriam Budiardjo.
Tahun terbit: 2008.
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama.
Kota penerbit: Jakarta.
K. Menyusun Daftar Teknologi Yang Saat Ini Dipakai
Daftar Perangkat Jaringan Yang Ada serta Kinerjanya Disusun
A. Definisi Perangkat
Perangkat sendiri bagi Kamus Besar Bahasa Indonesia merupaka perlengkapan peralatan.
B. Definisi Jaringan
Jaringan ialah sesuatu sistem yang bisa menghubungkan fitur satu dengan fitur lain meski dengan tempat yang berbeda satu sama yang lain. Sebaliknya, Jaringan Pc bisa dimaksud selaku sesuatu himpunan interkoneksi beberapa pc. 2 buah pc dikatakan membentuk sesuatu network ataupun jaringan pc apabila keduanya bisa silih bertukar data.
C. Definisi Perangkat Jaringan
Fitur jaringan merupakan komponen- komponen hardware beserta aplikasi buat membangun suatu jaringan pc.
D. Topologi Jaringan
Topologi jaringan pc merupakan sesuatu metode menghubungkan pc yang satu dengan pc yang lain sehingga membentuk jaringan. Metode yang dikala ini banyak digunakan merupakan bis, token
ring, serta star. Dalam sesuatu jaringan pc tipe topologi yang diseleksi hendak pengaruhi kecepatan komunikasi. Buat itu hingga butuh diperhatikan kelebihan/ keuntungan serta kekurangan/ kerugian dari tiap- tiap topologi bersumber pada karakteristiknya.
1. Topologi BUS
Topologi bis, media penghantar buat tipe topologi Bis merupakan kabel Koaksial. Topologi Bis memakai tata cara unicast, multicast serta broadcast. Unicast merupakan komunikasi antara satu pengirim dengan satu penerima di jaringan. Multicast merupakan komunikasi antara satu pengirim dengan banyak penerima di jaringan. Sebaliknya pada Broadcast, tiap titik hendak menerima serta menaruh frame yang disalurkan/ dihantarkan.
2. Topologi Token RING
Topologi Token RING nampak pada Foto 3. Tata cara token- ring( kerap diucap ring saja) menghubungkan pc sehingga berupa ring( bundaran). Tiap simpul memiliki tingkatan yang sama. Jaringan hendak diucap selaku loop, informasi dikirimkan kesetiap simpul serta tiap data yang diterima simpul ditilik alamatnya apakah informasi itu untuknya ataupun bukan.
3. Topologi STAR
Topologi ini ialah kontrol terpusat, seluruh link wajib melewati pusat yang menyalurkan informasi tersebut kesemua simpul ataupun client yang dipilihnya. Simpul pusat dinamakan stasiun primer ataupun server serta yang lain dinamakan stasiun sekunder ataupun client server. Sehabis ikatan jaringan diawali oleh server hingga tiap client server sewaktu- waktu bisa memakai ikatan jaringan tersebut tanpa menunggu perintah dari server.
Tidak hanya ketiga topologi bawah di atas terdapat topologi turunan dari topologi bawah ialah topologi Mesh, Hybrid serta Wireless.
a. Topologi MESH, dibentuk dengan memasang banyak link pada tiap pc. Perihal ini dimungkinkan sebab pada tiap pc ada lebih dari satu NIC.
b. Topologi Hybrid, merupakan jaringan yang dibangun dari bermacam topologi serta teknologi. Suatu topologi hybrid mempunyai seluruh karakterisitik dari topologi bawah yang ada dalam jaringan tersebut.
c. Topologi wireless, memakai gelombang radio buat berbicara dengan yang lain. Topologi wireles ini ialah topologi yang lagi trend dikala ini, sebab memiliki keunggulan lebih mobile dalam berbicara. Topologi ini bisa berdiri sendri serta secara universal banyak dipadukan dengan topologi bawah dalam aplikasinya.
E. Jenis Jenis Jaringan Yang Ada
1. Jaringan Area Lokal ( LAN)
Suatu LAN merupakan jaringan yang dibatasi oleh zona yang relatif kecil, biasanya dibatasi oleh zona area, semacam suatu kantor pada suatu gedung, ataupun masing- masing ruangan pada suatu sekolah. Umumnya jarak antarnode tidak lebih jauh dari dekat 200 meter.
2. Jaringan Area Metropolitan ( MAN)
Suatu MAN umumnya meliputi zona yang lebih besar dari LAN, misalnya antargedung dalam sesuatu wilayah( daerah semacam propinsi ataupun negeri bagian). Dalam perihal ini jaringan menghubungkan sebagian buah jaringan kecil ke dalam area zona yang lebih besar. Selaku contoh, jaringan sebagian kantor cabang suatu bank di dalam suatu kota besar yang dihubungkan antara satu dengan yang lain.
3. Jaringan Area Luas ( WAN)
Wide Zona Network( WAN) merupakan jaringan yang umumnya telah memakai media wireless, fasilitas satelit, maupun kabel serat optic, sebab jangkauannya yang lebih luas, bukan cuma meliputi satu kota ataupun antarkota dalam sesuatu daerah, namun mulai menjangkau zona/ daerah otoritas negeri lain.
Selaku contoh, jaringan pc kantor City Bank yang terdapat di Indonesia maupun yang terdapat di negeri lain, yang silih berhubungan, jaringan ATM Master Card, Visa Card ataupun Cirrus yang tersebar di dunia, serta selebihnya. Umumnya WAN lebih rumit serta sangat lingkungan apabila dibanding LAN ataupun MAN. Memakai banyak fasilitas buat menghubungkan antara LAN serta WAN ke dalam komunikasi global semacam internet, walaupun demikian antara LAN, MAN serta WAN tidak banyak berbeda dalam sebagian perihal. Cuma lingkup areanya saja yang berbeda satu dengan yang lain.
F. Fungsi Jaringan Yang Ada
Guna utama dari jaringan merupakan buat memperlancar aliran informasi serta komunikasi antara fitur yang satu dengan fitur yang lain, serta supaya dari satu tempat ke tempat yang lain dapat silih berhubungan.
G. Tujuan Utama Jaringan Yang Ada
Tujuan utama dari terbangunnya suatu jaringan pada sesuatu industri merupakan:
1. Resource sharing yang bertujuan supaya segala program, perlengkapan, spesialnya informasi, dapat digunakan oleh tiap orang yang terdapat pada jaringan tanpa terbawa- bawa oleh posisi resource serta pemakai.
2. High reliability (keandalan besar) yang diperoleh sebab tersedianya sumber energi alternatif. Misalnya, seluruh file bisa disalin (back- up) ke seluruh mesin sehingga apabila salah satu mesin mati, hingga file senantiasa bisa diakses dari mesin lain yang masih aktif.
3. Saving money (mengirit duit) pc berdimensi kecil memiliki rasio harga/ kinerja yang lebih baik dibandingkan dengan pc yang besar.
H. Masalah- masalah Sosial yang Ditimbulkan oleh Jaringan
Pemakaian jaringan oleh warga luas hendak menimbulkan munculnya masalah- masalah sosial, etika, politik, ataupun ekonomi yang tidak terelakkan. Koneksi jaringan ini pula hendak memunculkan permasalahan ekonomi yang sungguh- sungguh apabila teknologinya dimanfaatkan oleh pihak- pihak tertentu yang mau mengambil keuntungan individu tetapi merugikan pihak lain, misalnya aktivitas carding, unduh aplikasi komersial secara ilegal, serta lain- lain.
I. Jenis Jenis Perangkat Jaringan1. Komputer
Server merupakan sesuatu pc yang jadi pengelola serta pusat untuk pc yang lain. Sebab berperan selaku pusat, minimun suatu server wajib memiliki sebagian kepribadian yang lebih dibanding dengan pc yang tersambung kedalam sesuatu jaringan. Totalitas pc yang tersambung ke server dalam jaringan diucap selaku Workstation. Nyaris seluruh tipe pc bisa digunakan selaku pc workstation.
2. Network Interface Cards ( NIC) serta Ethernet Card/ Kartu Jaringan
Kartu Jaringan ialah fitur yang sediakan media buat menghubungkan antar pc. Mayoritas kartu jaringan merupakan kartu internal, ialah kartu jaringan yang dipasang pada slot perluasan di dalam pc. Kartu Jaringan biasanya sudah sediakan port koneksi buat kabel koaksial maupun kabel twisted pair.
3. HUB serta Switch
Sebuah Konsentrator/ Hub adalah sebuah perangkat yang menyatukan kabel- kabel network dari masing- masing workstation, server ataupun fitur lain. Switch ialah suatu konsentrator sama dengan HUB.
4. Repeaters
Perlengkapan ini berperan buat memantapkan sinyal. Contoh yang sangat gampang merupakan pada suatu LAN memakai topologi star dengan memakai kabel unshielded twisted pair. Oleh sebab panjang optimal buat suatu kabel unshielded twisted pair merupakan 100 m, hingga buat memantapkan sinyal dari kabel tersebut dipasanglah suatu repeater pada jaringan tersebut. Dalam jaringan LAN, Hub serta Switch bisa berperan pula selaku Repeater.
5. Bridges/Jembatan
Bridges ialah fitur yang membagi satu buah jaringan kedalam 2 buah jaringan. Ini digunakan buat memperoleh jaringan yang efektif, sebab perkembangan jaringan yang sangat kilat sehingga dibutuhkan sesuatu jembatan. Diibaratkan kalau Bridges ini semacam polisi kemudian lintas yang mengendalikan di persimpangan jalur pada dikala jam- jam padat jadwal. Ia mengendalikan supaya data di antara kedua sisi jaringan senantiasa berjalan dengan baik serta tertib. Bridges pula bisa digunakan buat mengkoneksi diantara jaringan yang memakai jenis kabel yang berbeda maupun topologi yang berbeda pula.
6. Routers
Suatu Router mengartikan data dari satu jaringan ke jaringan yang lain. Nyaris sama dengan Bridges tetapi agak sedikit lebih pintar, router hendak mencari jalan yang terbaik buat mengirimkan suatu pesan berdasakan alamat tujuan serta alamat asal. Sedangkan Bridges bisa mengenali alamat tiap- tiap pc di masingmasing sisi jaringan, router mengenali alamat pc, bridges serta router yang lain. Router bisa mengenali totalitas jaringan, memandang sisi mana dalam jaringan pc yang sangat padat jadwal serta dapat menarik informasi dari sisi yang padat jadwal tersebut hingga sisi tersebut bersih. Bila LAN terkoneksi ke Internet hingga Router hendak menterjemahkan data antara LAN serta Internet. Jadi bisa dirangkum kalau Router memiliki guna mengendalikan jalan sinyal secara efektif, mengendalikan pesan diantara 2 buah protocol, mengendalikan pesan diantara topologi jaringan linear Bis serta Bintang( star), serta mengendalikan pesan yang melewati Kabel fiber optic, kabel koaksial ataupun kabel twisted pair.
J. Definisi Kinerja
Kinerja merupakan hasil kerja secara mutu serta kuantitas yang bisa dicapai oleh seseorang pegawai dalam melakukan tugas pokok serta gunanya selaku pegawai cocok dengan tanggung jawab yang dibebankan ataupun diberikan kepadanya. Kinerja pada dasarnya bisa dilihat dari 2 segi, ialah kinerja pegawai( perindividu) serta kinerja organisasi. Kinerja pegawai merupakan hasil kerja perseorangan dalam sesuatu organisasi.
Kinerja merupakan selaku hasil- hasil guna pekerjaan/ aktivitas seorang ataupun kelompok dalam sesuatu organisasi yang dipengaruhi oleh bermacam aspek buat menggapai tujuan organisasi dalam periode waktu tertentu. Guna pekerjaan ataupun aktivitas yang dimaksudkan disini merupakan penerapan hasil pekerjaan ataupun aktivitas seorang ataupun kelompok yang jadi wewenang serta tanggung jawabnya dalam sesuatu organisasi.
K. Kinerja/Metode Kerja Fitur Jaringan Yang Ada
Kinerja jaringan merupakan tingkatan pencapaian yang terukur menimpa seberapa baik jaringan serta ialah sesuatu usaha buat mendefinisikan ciri serta watak dari sesuatu layanan. Kinerja jaringan bisa diukur dengan mengenali Quality of Service QoS. Quality of Service QoS didefinisikan selaku sesuatu pengukuran tentang seberapa baik sesuatu jaringan serta ialah sesuatu usaha buat mendefinisikan karaktristik serta watak dari sesuatu layanan ITU- T, 2001. QoS mengacu pada keahlian sesuatu jaringan buat sediakan layanan yang lebih baik pada trafik jaringan tertentu dengan teknologi yang berbeda- beda. Tujuan dari QoS merupakan unutk penuhi layanan yang berbeda yang memakai infrastruktur yang sama. Kinerja jaringan bisa bermacam- macam akibat dari sebagian permasalahan, semacam halnya permasalahan bandwidth, delay, jitter, througput, serta packet loss yang bisa membuat dampak yang lumayan besar untuk sebagian aplikasi.
Sebagian alasan yang menimbulkan perfoma jaringan berarti merupakan:
Memberikan prioritas terhadap aplikasi- aplikasi yang kritisMemaksimalkan pemakaian investasi jaringanMeningkatkan performansi buat aplikasi yang sensitif terhadap delay, semacam voice serta videoMerespon pergantian aliran trafik yang terdapat di jaringan.
Menyusun Daftar Beberapa Perangkat Jaringan Yang Ada
Membuat Daftar Teknologi Yang Dapat Memperbaiki Kinerja Jaringan
Perkembangan Yang Ada Dari Semua Teknologi Yang Dipakai Dirangkum
A. Perkembangan Dari Berbagai Jenis TEknologi Yang Dipakai
1. Handphone
Hp sendiri awal kali ditemui oleh Martin Cooper, seseorang karyawan Motorola pada bertepatan pada 03 April 1973. Tadinya, disebutkan kalau penemu telepon genggam merupakan suatu regu dari salah satu divisi Motorola yang ialah divisi tempat Cooper bekerja. Ponsel awal yang diciptakan oleh Cooper merupakan Motorola DynaTAC.
2. Televisi
Sebutan“ tv” sendiri awal kali dicetuskan oleh ilmuwan Rusia bernama Constantin Perskyi dalam suatu pertemuan berjudul Congress of Electricity di Paris pada tahun 1900. Didalamnya, kita hendak menciptakan beragam sirkuit elektronik, tercantum sirkuit penerima serta penangkap gelombang penyiaran. Pertumbuhan tv dimulai dengan temuan bawah hukum gelombang elektromagnetik oleh Joseph Henry serta Michael Farraday pada tahun 1831. Temuan ini ialah titik dini bertumbuhnya masa komunikasi elektronik, saat sebelum pada tahun 1862, Abbe Giovanna Caselli menciptakan pantelegraph selaku perlengkapan awal yang sanggup mentransmisikan foto lewat kawat.
3. E- learning
E- learning awal kali diperkenalkan oleh Universitas Illionis di Urbana- Champaign dengan memakai sistem instruksi berbasis pc( computer assisted instruktion) serta pc bernama PLATO. Semenjak dikala itu, pertumbuhan e- learning tumbuh sejalan dengan pertumbuhan serta kemajuan teknologi.
Bersumber pada pertumbuhan e- learning dari dari masa ke masa yang terus tumbuh menjajaki pertumbuhan teknologi, hingga bisa disimpulkan kalau e- learning hendak jadi sistem pemblajaran masa depan.
4. Komputer
Pc awal kali ditemui pada 1822 oleh seseorang pakar matematika asal Inggris, Charles Babbage. Mulanya, Babbage bermaksud buat menghasilkan suatu mesin hitung bertenaga uap yang bisa menghitung tabel angka. Mesin tersebut setelah itu dia beri nama" Difference Engine 0". Pc digital awal dibesarkan oleh Konrad Zuse, seseorang insinyur mesin asal Jerman.
B. Definisi Merangkum
Berikut hendak kita bahas tentang batas makna rangkuman. Rangkuman dimaksud selaku penyajian pendek dari sesuatu karangan asli namun senantiasa mempertahankan urutan isi serta sudut pandang pengarang asli. Sebaliknya perbandingan bagian ataupun bab dari karangan asli secara sepadan senantiasa dipertahankan dalam wujudnya yang pendek itu( Keraf 1984: 262). Dengan kata lain, rangkuman merupakan sesuatu metode yang efisien buat menyajikan sesuatu karangan yang panjang dalam wujud pendek.
C. Definisi Perkembangan Teknologi
Golongan ahli teknologi komunikasi pada biasanya berkomentar kalau pertumbuhan teknologi ialah hendak terjalin pemekaran jenis- jenis industri media komunikasi massa, serta dampaknya hendak timbul jenis- jenis industri media komunikasi massa baru yang sifatnya terus menjadi mutahir, volume pesanpesannya terus menjadi besar serta kecepatannya makin besar.
D. Merangkum Perkembangan Dari Berbagai Jenis Teknologi Yang Dipakai
Bisa disimpulkan kalau pertumbuhan dari bermacam tipe teknologi yang dipakai yang telah dipaparkan di atas ialah tiap tipe teknologi tentu mempunyai sejarah serta perkembangannya tertentu. Perkembangannya juga sampai dikala ini masih bersinambung apalagi bisa jadi hendak terdapat pertumbuhan teknologi yang baru di masa yang hendak tiba.
Teknologi Yang Berpotensi Tingkatkan Kinerja Jaringan Ditentukan
A. Definisi Potensi
Kemampuan dalam tulisan ini merupakan energi, kekuatan, kesanggupan serta keahlian yang memiliki mungkin buat bisa dibesarkan.
B. Definisi Potensi Menurut Para Ahli
1. Menurut Wiyono
Kemampuan mempunyai makna keahlian bawah dari seorang yang masih terpendam serta menunggu buat mencuat jadi kekuatan yang nyata. Dari komentar Wiyono tersebut kemampuan bisa dimaksud selaku keahlian yang masih terpendam serta siap buat diwujudkan serta bisa dimanfaatkan dalam kehidupan manusia itu sendiri.
2. Menurut Majdi
Kemampuan merupakan keahlian yang masih dapat di kembangkan lebih baik lagi, secara simpel kemampuan ialah keahlian terpendam yang masih butuh buat dibesarkan.
3. Menurut Endra K Pihadhi
Menerangkan kalau kemampuan merupakan sesuatu tenaga maupun kekuatan yang masih belum digunakan secara optimal.
C. Teknologi Yang Berpotensi Tingkatkan Kinerja Jaringan
Pertumbuhan teknologi data bisa tingkatkan kinerja serta membolehkan bermacam aktivitas bisa dilaksanakan dengan kilat, pas serta akurat sehingga bisa tingkatkan produktivitas kerja. pertumbuhan teknologi data sudah menimbulkan bermacam tipe aktivitas yang berbasis pada teknologi, seperti
e- government, e- commerce, e- ducation, e- medicine, e- laboratory, serta yang lain, yang keseluruhannya itu berbasiskan elektronika.
Kinerja sesuatu jaringan didetetapkan oleh banyak aspek. Sebagian antara lain merupakan tipe sistem switching yang diterapkan buat membangun suatu sistem interkoneksi, fitur keras berteknologi besar yang digunakan buat membangun sistem jaringan- jaringan komunikasi saat ini ini dibentuk dengan teknologi switching yang telah sangat mutahir. Perangkat- perangkat switching yang banyak digunakan saat ini ini telah memakai teknologi microprocessor dengan bayaran murah serta Very Large Scale Integration( VLSI) dalam wujud chip- chip yang mempunyai wujud yang kecil dengan keahlian yang sangat profesional. Berbeda dengan jaringan- jaringan komunikasi masa kemudian yang memerlukan ruang yang luas buat meletakkan suatu fitur switching. Semacam pada jaringan switching crossbar yang mempunyai karakteristik lelet dalam memproses panggilan sebab memakai komponen- komponen elektromekanik pada sistem kendalinya, pula memerlukan bayaran yang besar buat membangunnya maupun menaikkan kapasitas switching.
Pengguna jasa komunikasi pasti mengharapkan teknologi komunikasi yang mempunyai kinerja yang profesional dengan bayaran murah. Perihal ini dapat diwujudkan dengan memakai teknologi microprocessor VLSI. Microprocessor VLSI ini memakai teknologi jaringan switching banyak tingkatan( Multistage Interconnection Networks). Salah satu teknologi jaringan switching yang dipakai pada sebagian microprocessor merupakan jaringan switching Clos. Jaringan switching Clos diperuntukan buat interkoneksi antara materi memori serta materi prosesor semacam pada packet switching dalam jaringan komunikasi. Buat itu dibutuhkan pengukuran kinerja dari jaringan switching Clos tanpa buffer ini supaya bisa dikenal gimana probabilitas blocking- nya.
Buat teknologinya sendiri contohnya saja ada sebagian tipe teknologi yang memanglah tiap zamannya itu tumbuh dari generasi 0 hingga dengan saat ini generasi 4( 4G), apalagi yang saat ini lagi diteliti pula dikembangka oleh para pakar teknologi ialah teknologi generasi 5( 5G). unutk teknologi generasi ke generasinya pastilah sangat mempengaruhi terhadap kinerja jaringan pula kinerja teknologinya itu sendiri. Pastinya terus menjadi bagus mutu teknologinya hingga kinerja jaringan juga hendak sangat baik hasilnya serta pastinya tidak gampang buat terbuat. Dengan teknologi yang baik hingga kecepatan serta keakuratan kinerja jaringan hendak sangat baik pula hasilnya. Contohnya saja pada teknologi pc, dahulu nya pc juga masih sangat kuno berbeda dengan pc era saat ini. Pc era dahulu itu sangat besar apalagi dapat memnuhi 1 ruangan namun dengan kecepatan jaringan serta aksesnya yang cocok dengan keahlian pc tersebut, buat pc era saat ini yang pastinya telah lebih bagus pula mutahir fitur apapun dapat diakses dengan kilat apalagi kurang dari 2 detik saja. Jadi bisa disimpulakan kalau terus menjadi mutahir teknologi tersebut hingga kinerja jaringan yang dihasilkannya juga hendak sangat baik.
D. Menentukan Teknologi Apa Saja Yang Berpotensi Tingkatkan Kinerja Jaringan
1. Teknologi Switching
2. Teknologi 1G– 5G
baca di : materi selengkapnya
Penjelasan ada dalam video dibawah ini:
REFERENSI
Suryadi, Ahmad. 2020. Teknologi dan Media Pembelajaran Jilid 1. Sukabumi, Jawa Barat. CV Jejak, Anggota IKAPI.
Andri Meri Rogantina, Peran dan Fungsi Teknologi dalam Peningkatan Kualitas Pemmbelajaran, Vol. 3 No. 1 Februari 2017, Universitas Tapanuli Utara, Siborongborong, Hal. 123.
Syafrizal, Melwin. 2005. Pengantar Jaringan Komputer. Yogyakarta. C. V ANDI OFFSET.
Dikutip dari Arsip Milik Perpustakaan Universitas Islam Riau Pada Pukul 15.07, Pada Tanggal 18 Februari 2022.
Haryanto Victor Edy. 2012. Jaringan Komputer. Yogyakarta. C.V ANDI OFFSET.
Setiawan, Daryanto, Dampak Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Budaya, Vol. 4, No 1 (2018), Sekolah Tinggi Agama Islam As Sunnah Deli Serdang.
Jamun Marryono Yohannes, Dampak Teknologi Terhadap Pendidikan, Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng.
Soleh Ahmad, Strategi Pengembangan Potensi Desa, Universitas Padjajaran, Hal 36.
Marayasa Nyoman, dkk, Vol. 1 No. 1 2018, Universitas Pamulang, Hal. 3.